2. ANALISIS JABATAN DAN PEMBUATAN JOB DESCRIPTION (Uraian Pekerjaan/Jabatan) (14 Jam Efektif)

Pada setiap organisasi/perusahaan yang baru maupun yang telah lama berdiri sering timbul masalah saat perusahaan harus mengadakan pembenahan di sektor SDM. Pasalnya, setiap karyawan belum memiliki suatu pedoman yang jelas untuk tugas dan tanggung jawabnya sehingga sering pekerjaan diantara mereka menjadi tumpang tindih atau melakukan pekerjaan yang duplikasi. Pada akhirnya persoalan-persoalan tersebut akan mempengaruhi sistem rekrutmen, penilaian kinerja, pemberian imbal jasa dan hubungan antar karyawanpun menjadi kurang sehat.

Persoalannya mungkin akan lain bila organisasi/penyelenggara bisnis telah melakukan “analisis jabatan” terhadap struktur organisasi yang ada. Sehingga siapapun yang akan menjabat tidak perlu risau berkenaan dengan tugas, wewenang dan tanggung jawabnya. Demikian pula halnya dengan kriteria jabatan yang dipersyaratkan dan lain sebagainya.

Analisis jabatan merupakan suatu proses, metode dan teknik untuk memperoleh data jabatan yang diolah menjadi informasi jabatan dan disajikan untuk berbagai kepentingan program organisasi/perusahaan.

Dengan demikian, dari hasil analisis jabatan akan diperoleh daftar “uraian jabatan (job description)“ yang berisi “spesifikasi jabatan (job spec) dan persyaratan jabatan (men spec)“ untuk setiap posisi di setiap unit kerja.

Tujuan dan manfaat :

  • Kejelasan untuk acuan dalam melakukan rekrutmen/seleksi
  • Adanya kejelasan tugas bagi pemangku jabatan
  • Tidak tumpang tindihnya pekerjaan intra/inter unit kerja
  • Kepastian bahwa sasaran organisasi secara umum dapat dicapai melalui kontribusi dari setiap unit kerja maupun individu yang terlibat
  • Akan memudahkan untuk pembuatan sistem : Karir, Pengembangan Individu, Penilaian Karya maupun Sistem Gaji dan Pembuatan KPI
  • Adanya kejelasan bagi unit kerja yang mengelola kepegawaian dalam perencanaan tenaga kerja

Materi :

  • Adanya kejelasan tugas bagi pemangku jabatan
  • Isu-isu Organisasi dan lingkup Unit Kerja SDM
  • Definisi, Peran, Pertimbangan dan Alasan melaksanakan Analisis Jabatan
  • Manfaat Job Description sebagai hasil Analisis Jabatan dalam pengelolaan SDM
  • Tahapan melakukan Analisis Jabatan
  • Metode penggalian informasi pada Analisis Jabatan
  • Model kuesioner Analisis Jabatan
  • Jabatan, Posisi dan Ringkasan Tipe Data Hasil Analisis Jabatan
  • Contoh Uraian Jabatan

Peserta :

  • Individu-individu yang secara langsung menangangi bidang-bidang SDM dan para Pimpinan Unit Kerja