11. CONFLICT & STRESS MANAGEMENT (14 Jam Efektif)

Rutinitas, “disruption”, beban dan tuntutan tugas kerja yang dialami oleh karyawan di perusahaan dapat menjadi penyebab munculnya “stress” berupa emosi negatif yang dapat terakumulasi menjadi bibit sebagai cikal bakal terjadinya gesekan berupa “konflik” dengan rekan kerja lain. Bila tidak ditangani dengan baik, stress yang negatif (distress) tersebut dapat mengganggu ritme kerja dan menurunkan produktivitas, hal ini disebabkan stress memiliki implikasi tidak saja pada fisik pekerja, tetapi juga berefek pada psikis dan perilaku individu. Perusahaan yang ingin memiliki produktivitas tinggi, memerlukan pekerja dengan performa optimal, minimum konflik maupun stress.

Melalui pelatihan ini, para karyawan secara mandiri akan mampu mereduksi konflik dan mengelola stress yang ia alami sehingga perusahaan tidak perlu menghabiskan banyak biaya untuk menanggulangi konflik dan mengurangi stress kerja secara massal yang akhirnya dapat meringankan biaya yang akan dikeluarkan oleh perusahaan.

Tujuan dan manfaat :

  • Memahami pengertian dan hakekat konflik dan stress
  • Mengenal penyebab dan sumber-sumber munculnya konflik dan stress
  • Memahami tipe atau jenis konflik dan stress
  • Mampu memahami dampak negative maupun positif dari konflik dan stress
  • Mengenal tingkat stress yang dialami
  • Mampu mengelola, menyelesaikan dan menangani konflik dan stress secara efektif dan optimal

Materi :

  • Mengenal diri dan memahami persepsi yang dapat mempengaruhi diri/individu
  • Defence Mechanism
  • Self image (Citra diri)
  • Self Confidence
  • Sumber-sumber konflik dan stress
  • Dampak konflik dan stress
  • Cara mengelola konflik dan stress
  • Mekanisme dan proses konflik dan stress secara psikologis dan fisiologis
  • Time Management

Peserta :

  • Setiap karyawan yang akan dipromosi untuk posisi pimpinan lower/midlle level
  • Setiap Foreman/Supervisor yang bertanggung jawab untuk kesuksesan pencapaian target unit kerjanya