18. EFFECTIVE PRESENTATION SKILL (14 Jam efektif)

Salah satu keahlian yang perlu dimiliki oleh seorang karyawan khususnya yang bertugas pada Unit Kerja Public Relation, Sales, Account Officer adalah kemampuan presentasi. Seseorang dapat dikatakan sukses dalam melakukan presentasi yaitu bila mampu membangun komunikasi dua arah antara pembicara dengan audience disertai adanya situasi yang “hidup/menyenangkan” dan partisipasi aktif dari audience selama presentasi berlangsung.

Training ini akan membahas mengenai bagaimana melakukan presentasi secara efektif, dimana mampu menyampaikan informasi atau ide-ide secara sistematis, singkat, jelas dan mudah dimengerti. Setelah mengikuti training ini diharapkan peserta dapat memahami, menguasai dan mempraktekkan secara langsung bagaimana presentasi yang efektif.

Tujuan dan manfaat :

  • Mengenal berbagai potensi diri untuk menjadi pembicara (presenter) yang efektif
  • Memahami prinsip-prinsip dasar “Teknik Presentasi Efektif” serta mampu mengaplikasikannya
  • Memahami dasar-dasar dalam menyampaikan pesan yang efektif kepada orang lain atau audiens
  • Berupaya kuat untuk mengetahui keinginan dan memenuhi kebutuhan audiens sehingga dapat mengambil perhatian audiens
  • Mampu meyakinkan, mempengaruhi, dan membujuk (persuasi) audiens agar dapat menerima pesan yang disampaikan
  • Menguasai cara-cara komunikasi personal yang efektif
  • Meningkatkan kepercayaan diri terutama pada waktu melakukan presentasi
  • Mampu mengatasi rasa takut atau kecemasan pada saat menjadi pembicara

Materi :

  • Komunikasi personal dan simak aktif
  • Sikap dan perilaku asertif
  • Percaya diri (self confidence)
  • Analisis transaksional
  • Persiapan teknik presentasi
  • Pelaksanaan presentasi
  • Tanya jawab dalam presentasi
  • Interaksi dengan tipe-tipe audiens pada presentasi
  • Perlengkapan/alat bantu presentasi
  • Mengatasi rasa takut/kecemasan pada saat presentasi
  • Bicara efektif dalm presentasi
  • Praktek : Latihan melakukan Presentasi

Peserta :

  • Seluruh pimpinan Unit Kerja di lingkungan perusahaan
  • Petugas-petugas yang mewakili perusahaan dan berhubungan dengan klien/ instansi/lembaga