21. ENTREPRENEURSHIP (Kewirausahaan) (14 Jam Efektif)

Ditengah berbagai krisis yang sering melanda bangsa Indonesia, adalah suatu keharusan bagi setiap manusia Indonesia mempersiapkan diri menghadapi berbagai tantangan yang datang. Persiapan yang dilakukan akan sangat bersentuhan dengan bagaimana sumber daya manusia yang ada ditingkatkan kualitasnya dengan memberikan berbagai keterampilan hidup (life skill) dan menambah wawasan kewirausahaan. Menjadi seorang wira-usahawan (Entrepreneur) yang terdidik dan terlatih dalam menghadapi tantangan serta mampu mencari peluang bisnis yang ada merupakan suatu alternatif yang menguntungkan bagi para peserta untuk diterapkan dalam kehidupan nyata. Pelatihan ini bertujuan untuk menumbuhkan minat berwiraswasta pada para peserta.

Dengan demikian, peserta pelatihan diharapkan dapat berwiraswasta, mampu menjalankan usaha sendiri, atau menjadi staf dan pimpinan perusahaan yang mempunyai jiwa kewirausahaan. Untuk itu peserta diharapkan mampu berkreasi dan berinovasi baru yang sangat diperlukan dalam mengelola suatu masalah.

Tujuan dan manfaat :

  • Memahami esensi dan hakekat kewirausahaan
  • Memahami ciri-ciri wirausaha yang berhasil
  • Mengenal struktur motif pribadi (motif prestasi/need for Achievment, motif bersahabat/need for affiliation dan motif berkuasa/need for power)
  • Meningkatkan networking/jaringan dan kemampuan bernegosiasi
  • Meningkatkan daya kreativitas dan inovasi
  • Meningkatkan efektifitas kepemimpinan
  • Mengubah paradigm dan mentalitas “Beaurocratics” menjadi “Entrepreneurial Government”
  • Meningkatkan kemampuan memecahkan masalah untuk mencapai prestasi
  • Mengelola konflik dan Stress

Materi :

  • Pengertian dan hakekat Entrepreneur & Intrapreneur
  • Change Paradigm/Mind set
  • Change Management
  • 3 Motif Sosial (David C. McClelland)
  • Profile dan Ciri-ciri Wirausaha yang berhasil (Success Story)
  • Entrepreneurial Potential Profile
  • Perencanaan dan Penetapan Tujuan Berprestasi
  • Negotiation Skill
  • Problem Solving & Decision Making
  • Strategi Bersaing (Marketing Management)
  • Adversity Quotient
  • Ethos kerja

Peserta :

  • Para karyawan (Marketing/Salesforce) yang bertugas untuk mengembangkan pangsa pasar
  • Para karyawan yang bertugas di Unit Kerja Business Development