22. EVALUASI HASIL PELATIHAN & MENGHITUNG BENEFIT (ROI PELATIHAN) (21 Jam Efektif)

Sebagai suatu aktivitas dalam perusahaan, metode training harus memberikan suatu return yang lebih besar dari jumlah rupiah yang telah dibayarkan untuk membiayai suatu pelaksanaan training. Para pengelola HR selama ini banyak yang berbicara tentang manfaat training secara kualitatif, dengan gaya bahasa yang umumnya hanya dimengerti oleh orang-orang HR. Untuk dapat menjustifikasi manfaat setiap pelaksanaan training, maka saat ini sudah saatnya pengelola HR dapat menampilkan data secara kuantitatif dengan menggunakan “bahasa manajemen”.

Untuk dapat melakukan dan meweujudkan analisa pengaruh training terhadap bisnis secara baik, dibutuhkan alat bantu dan keterampilan yang memadai sekaligus jalinan yang padu dengan hasil analisa kebutuhan training. Untuk itu, pelatihan ini mencoba menyediakan alat bantu dan bekal keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas di atas.

Tujuan dan Manfaat :

  • Memahami hubungan antara hasil asesemen dan kebutuhan pelatihan
  • Mengetahui dan memahami metode evaluasi pelatihan
  • Memberikan pemahaman proses dan pengukuran evaluasi pelatihan
  • Mampu menerapkan dan melaksanakan evaluasi pelatihan
  • Dapat mengukur “benefit” dampak pelatihan
  • Memberikan ketrampilan perhitungan ROI dari suatu pelatihan

Materi :

  • Hubungan Kebutuhan-kebutuhan antara Proses Asesmen, Tujuan Pelatihan dan Evaluasi Pelatihan
  • Definisi Evaluasi Pelatihan
  • Tujuan-tujuan Evaluasi Pelatihan
  • Dimensi-dimensi Evaluasi Pelatihan
  • Proses dan Pengukuran Evaluasi Pelatihan
  • Tahap-tahap Evaluasi Pelatihan
  • Metode Evaluasi Pelatihan model Kirkpatrick (4 Level)
  • Mengukur Benefit Peatihan mealui ROI (Return of Investment)

Peserta :

  • Individu-individu yang menangangi bidang-bidang pada Unit Kerja SDM, Pelatihan dan Pengembangan, Praktisi Diklat, HR Manager, Training Manager, dll.