29. HUMAN SKILL IMPROVEMENT (21 Jam Efektif)

Para pakar berpendapat bahwa manusia merupakan sumber daya organisasi yang menentukan dan juga sebagai pelaku utama dalam mewujudkan tujuan Perusahaan. Pengelolaan SDM secara tepat dalam suatu atmosphere kerja yang kondusif akan menghasilkan Human Performance (HP) yang optimal.

Banyak orang pandai yang bekerja pada Perusahaan yang situasinya mendukung, selain itu ia memiliki knowledge dan skill yang memadai. Namun performance-nya tidak optimal karena attitude/sikap yang bersangkutang tidak mendukung. Attitude ini merupakan suatu “human skill”, yaitu ketrampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain. Human skill yang memadai akan menjadikan seseorang dapat diterima diberbagai lingkungan, tanpa mengorbankan prinsip-prinsip diri yang dianutnya.

Karyawan yang produktif tentunya akan terdiri dari individu-individu dengan motivasi kerja yang tinggi dan dimunculkan dalam kontribusi pribadi, seperti dalam bentuk ”etos kerja tinggi, disiplin, pantang menyerah, berfikir positif dan bersikap optimis serta attitude” yang baik dalam mencapai sasaran kerja yang ditentukan. Individu/SDM yang demikian dapat dibentuk melalui suatu Pelatihan “Human Skill Improvement”.

Tujuan dan Manfaat :

  • Mengenal diri sendiri dan orang lain
  • Mengetahui dasar-dasar kebutuhan manusia dalam bekerja
  • Lebih memiliki kemampuan komunikasi efektif dan bekerja sama
  • Memahami cara-cara untuk memotivasi seseorang
  • Memahami dasar-dasar berfikir/bertindak kreatif
  • Mengetahui dasar-dasar untuk memecahkan masalah dan pengambilan keputusan
  • Meningkatkan etos kerja, disiplin, pantang menyerah, berfikir positif dan bersikap optimis dalam bekerja
  • Memiliki rasa percaya diri dalam kaitannya dengan pengendalian emosi dan konflik internal maupun eksternal yang dihadapinya
  • Mengalami perubahan paradigma dalam berpikir dan menumbuhkan brand loyality terhadap perusahaan
  • Lebih memahami perilaku konsumen, sehingga target market dan prospek lebih optimal

Materi :

  • Self Assets & Liabilities
  • Proses Dalam Diri Individu
  • Self Image & Self Concept
  • Paradigm Change
  • Persepsi dan Komunikasi
  • Motivasi & Ethos Kerja
  • Kreativitas
  • Manajemen konflik
  • Problem Solving & Decision Making
  • Stress dalam Kerja
  • EQ
  • Memahami Perilaku Konsumen

Peserta :

  • Individu-individu yang menempati posisi kunci di perusahaan
  • Individu-individu yang secara langsung banyak berhubungan dengan konsumen (khususnya fihak eksternal)
  • Setiap level pimpinan yang bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan pekerjaan