31. INTERVIEW TECHNIQUE (The Skill of Interviewing) (14 Jam Efektif)

Wawancara adalah kesempatan yang sangat berharga bagi pihak yang membutuhkan informasi/data guna berbagai kepentingan, seperti untuk : seleksi, promosi, penilaian kinerja, coaching/conseling/mentoring, program evaluasi jabatan (job evaluation) dsb. Kesadaran akan posisi masing-masing pihak menentukan arah dari pembicaraan yang terjadi. Konsep interaksi dan komunikasi dalam sesi wawancara, baik pihak pewawancara (interviewer) ataupun yang diwawancara (interviewee) haruslah meletakkan diri posisi yang setara.

Interviewer perwakilan dari perusahaan harus menguasai teknik wawancara yang membangun suasana kondusif agar interviewee merasa nyaman dan dapat memberikan keterangan secara terbuka secara apa adanya sesuai dengan data/informasi yang dimilikinya.

Jika wawancara dilakukan untuk keperluan seleksi/promosi/pemetaan karyawan yang mana pewawancara ingin mengetahui karakter, sifat, sikap mental dan intelektualitas, petugas rekrutmen dapat melakukan tes psikologi (psikotest). Kemudian kandidat yang lolos psikotes dipanggil kembali untuk sesi wawancara.

Tujuan dan manfaat untuk :

  • Mengetahui tahapan-tahapan dalam proses interview/wawancara
  • Mendapatkan Metode yang sesuai dengan kebutuhan
  • Meningkatkan kemampuan dalam melakukan interview
  • Teknik dan skill mewawancara digunakan untuk penerimaan tenaga kerja
  • Panel pemilihan tenaga kerja/seleksi dan penempatan personal
  • Mewawancara panel promosi jabatan
  • Mewawancara dalam program evaluasi jabatan (job evaluation)
  • Mewawancara penilaian prestasi kerja (performance appraisal)
  • Pencairan suatu informasi tertentu atau pendapat/opini
  • Konsultasi antara konselor dan konseli

Materi :

  • Pengertian Wawancara
  • Hal-hal Penting dalam Wawancara :
    – Alasan atau Tujuan diadakannya Wawancara
    – Faktor-faktor yang berpengaruh dalam Wawancara
    – Beberapa hal yang harus Dihindari dalam Wawancara
    – Efektifitas Komunikasi dalam Wawancara dan pengertian terhadap kata
  • Melakukan wawancara :
    – Persiapan sebelum Wawancara
    – Persiapan Wawancara
    – Pelakasanaan Wawancara
    – Sesudah Wawancara
    – Pedoman dalam Wawancara
    – Posisi atau tempat sesudah Wawancara
  • Jenis-jenis Pertanyaan dalam Wawancara
  • Perilaku dalam Wawancara :
    – Tiga Cara Wawancara dalam Interaksi Kepribadian dengan yang diwawancara
    – Tindakan atau Perilaku yang dapat membantu peranan Pewawancara
    – Teknik mengajukan pertanyaan
    – Yang Harus atau Sebaiknya dilakukan oleh yang diwawancara
    – Yang Tidak Boleh dilakukan oleh yang diwawancara
  • Macam atau Jenis Wawancara
  • Defence Mechanism dalam proses Wawancara
  • Perbedaan Wawancara dengan Interogasi

Peserta :

  • Individu-individu yang secara langsung menangangi pengadaan/ pengembangan SDM
  • Para pimpinan Unit Kerja sebagai conselor maupun user yang membutuhkan tenaga kerja baru