32. LEADERSHIP (Lower, Middle & High Level) for HIGH RESULT

Suatu organisasi/perusahaan yang tumbuh semakin besar tentu dibarengi semakin besar permasalahan yang muncul, baik tentang teknologi maupun karyawan. Permasalahan teknologi lebih mudah untuk menyelesaikan, tetapi pemasalahan karyawan sangat pelik dan sulit untuk diselesaikan. Permasalahan ini salah satunya disebabkan oleh kemampuan memimpin para pimpinan baik pada level Manajemen Bawah, Menengah maupun Atas yang kurang memadai.

Dalam perkembangan yang ada saat ini telah terjadi revolusi tentang hubungan antar manusia yang sangat bermakna. Sekarang orang ingin diperlakukan secara terhormat dan bermartabat, baik sebagai orang dewasa, bahkan menuntut agar boleh mengemukakan pendapat tentang kondisi kerja mereka sendiri. Orang tidak lagi mau dipaksa dan diperbudak, orang menginginkan hak untuk dapat menghargai diri sendiri dalam pekerjaan mereka dan hak untuk mempunyai pekerjaan yang berarti/bermanfaat bagi pihak lain.

Untuk itu bagi para pemimpin yang telah mengakui bahwa unsur manusia adalah yang paling penting dan menerima bahwa relasi antar manusia adalah yang paling baik/diutamakan, maka akan mencari bagaimana menjadi pemimpin yang efektif yaitu harus berorientasi baik pada hubungan antar manusia maupun pada tujuan (human relation specialist sekaligus task specialist). Kepemimpinan (Leadership) yang efektif menuntut perlakukan yang ramah kepada anggota, namun pada waktu yang bersamaan juga harus menggerakkan mereka ke arah kinerja yang tinggi.

 

A. Basic Leadership (Lower Level Manager) (14 Jam Efektif)

Tujuan dan Manfaat :

  • Mampu berkomunikasi secara efektif dan bekerjasama dengan orang lain
  • Memiliki motivasi dan ethos kerja yang tinggi
  • Memahami dan mampu mengaplikasikan fungsi-fungsi manajemen
  • Memahami dasar-dasar, teknik dan pendekatan kepemimpinan yang efektif (Transactional Leadership)
  • Mampu menerapkan prinsip “Leading by Doing” (menjadi Panutan)

Materi :

  • Memahami Diri Sendiri & Orang Lain serta Self Confidence
  • Persepsi, Komunikasi & Simak Aktif
  • Tugas dan fungsi Penyelia (Supervisor) & Fungsi-fungsi Manajemen
  • Goal Setting & Prosdem (Problrem Solving Decision Making)
  • Transactional Leadership
  • Followership
  • Self Motivation, Disiplin & Commitment
  • Change Agent
  • Teamwork (HPT=High Performance Team)

Peserta :

  • Semua Lower Manager Level dalam organisasi (yang dalam tugas sehari-hari mempunyai bawahan)

 

B. Intermediate Leadership (Middle Level Manager) (21 Jam Efektif)

Tujuan dan Manfaat :

  • Memiliki komitmen yang tinggi terhadap tugas dan pekerjaan
  • Mampu menjadi “Change Agent” (Agen Perubahan)
  • Mampu menerapkan “Situational Leadership” secara efektif
  • Memiliki daya inovasi dan kreativitas yang tinggi
  • Mampu memimpin dan membina serta memberdayakan (empowering) lingkungan kerjanya

Materi :

  • Transactional Analysis
  • Power Base
  • Defense Mechanism, Simak Aktif & Feedback
  • Teknik Memotivasi, Empowerment & Coaching/Counseling
  • Goal Setting & Prosdem
  • Situational Leadership
  • Inovasi-Kreativitas & Entre/Intrapreneurship
  • Followership, Pribadi Efektif & Commitment
  • Ethos Kerja & Winner-Losser
  • Management Perubahan
  • Time Management
  • Teamwork (HPT)
  • Stress & Conflict Management

Peserta :

  • Semua Middle Manager Level dalam organisasi (yang dalam tugas sehari-hari mempunyai bawahan)

 

C. Advance Leadership (High Level Manager) (28 Jam Efektif)

Tujuan dan Manfaat :

  • Memiliki visi dan mampu menerapkan misi serta menjabarkan secara efektif (Visionary & Transformational Leadership)
  • Mampu menerapkan “Manajemen Performansi” (Performance Management)
  • Memiliki dan mampu menerapkan teknik dan strategi bersaing dalam lingkungan kerja dan bisnis yang ditangani
  • Mampu menciptakan dan mengembangkan pekerjaan serta bisnis secara berkesinambungan (Networking & Continuous Improvement)
  • Mampu mengembangkan “Corporate Culture” secara efektif dan kondusif

Materi :

  • Personal Strength & Weakness
  • Power Base
  • Thermometer Kepemimpinan
  • Empowerment & Coaching/Conseling
  • Goal Setting & Prosdem
  • Visi, Misi, Strategy dan Taktik
  • Transformational & Visionary Leadership
  • Inovasi-Kreativitas & Continuous Improvement
  • Performance Management
  • Corporate Culture
  • Entre/Intrapreneurship & Business Development
  • Time management & Strategic Management
  • Networking-CSO (Customer Service Orientation)
  • Pribadi Efektif, EQ & Key to Success
  • Stress & Conflict Management

Peserta :

  • Semua High Manager Level dalam organisasi (yang dalam tugas sehari-hari mempunyai bawahan)