38. PROFESIONAL & EFFECTIVE LEADERSHIP (21 Jam Efektif)

Dengan berkembangnya persaingan global dalam dunia bisnsis, menuntut perusahaan untuk memiliki pemimpin yang memiliki pengetahuan manajemen model baru yang berbeda dengan tradisional sebagai upaya dalam peningkatan kualitas perusahaan.

Di sisi lain, perkembangan konsep dan aplikasi kepemimpinan berkembang dengan pesat di jaman yang berubah dengan cepat ini. Manajer dituntut untuk menangani tim yang sudah berbeda karakteristik dan tuntutannya dibanding beberapa tahun yang lalu. Manajer yang masih mengikuti pola kepemimpinan dari atasan-nya sebelumnya, bisa jadi ditinggalkan oleh tim nya karena dianggap tidak mampu memberdayakan tim yang ada.

Setelah mengikuti Pelatihan ini diharapkan peserta dapat menanamkan karakter kepemimpinan yang efektif dalam memimpin perusahaan di lingkungan bisisnis yang semakin kompetitif dan berkembang.

Tujuan dan manfaat :

  • Mengenal kekuatan dan kelemahan diri
  • Meningkatkan komunikasi personal (dalam lingkungan kerja)
  • Mengenal dasar-dasar potensi kekuasaan (power base) yang dimiliki
  • Memahami potensi kepemimpinan yang dikaitkan dengan visi dan misi perusahaan
  • Lebih mengenal teknik-teknik memotivasi dan perlunya empowering sebagai landasan untuk memberdayakan bawahan
  • Perlunya antisipasi dan pengelolaan terhadap lingkungan yang selalu berubah (change management)
  • Mengenali gaya kepemimpinan (leadership style), baik transaksional, situasional maupun transformasional (visionary leadership) dan white water/uncertain leadership
  • Mampu memecahkan dan mengambil keputusan secara efektif
  • Mengelola dan membangun kelompok yang kompak dan solid
  • Mengelola konflik secara efektif
  • Mengelola stress dengan baik dan optimal

Materi :

  • Visi dan misi perusahaan
  • Company and Individual SWOT
  • Personality Profile
  • Power Base (Sumber–sumber kekuasaan)
  • Leadership Traits
  • Corak Managerial
  • Leadership style
  • Leader for the future
  • Manager vs. Leader
  • Problem Solving and Decision Making
  • Mengelola konflik
  • Mengelola stress
  • Team work
  • Mengelola perubahan (Change Management)
  • Teknik Sistem Tindakan Kepemimpinan (TSTK), tuntunan praktis dalam membuat perencanaan
  • Effective Empowerment
  • Thermometer Kepemimpinan
  • Derailment (penyimpangan kepemimpinan)

Peserta :

  • Seluruh kandidat yang akan menduduki posisi kunci di perusahaan
  • Semua High Manager Level dalam organisasi