46. TRAINING OF TRAINER (Pelatihan Untuk Pelatih/Fasilitator) (21 Jam Efektif)

Suatu kualitas dan kinerja yang melahirkan produktivitas yang optimal ditentukan oleh bagaimana kita memberikan/mentransfer ilmu pengetahuan dan pengalaman kepada orang lain agar mudah diterima dan menarik untuk disimak. Menjadi seorang “Trainer” berarti menjadi seorang ”fasilitator dan sekaligus agen perubahan” untuk pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia). Untuk menjadi trainer yang handal memerlukan ilmu teori dan praktis agar proses pembelajaran terjadi, yang pada akhirnya para trainee mempunyai tambahan pengetahuan, sikap, perilaku, sehingga mampu memberikan kontribusi positif bagi perusahaan, dan meningkatkan performansi bisnis perusahaan.

Untuk mencapai keberhasilan transfer tersebut dibutuhkan suatu bentuk pelatihan yang dikenal dengan “training of trainer” (pelatihan bagi fasilitator).

Melalui Pelatihan training of trainer (pelatihan bagi fasilitator); diharapkan para peserta dapat meningkatkan kemampuan untuk menjadi “trainer/fasilitator” yang handal sehingga mampu memberikan kontribusinya untuk mencapai target dan sasaran sesuai dengan yang ditentukan Perusahaan.

Tujuan dan manfaat :

  • Mampu memahami kemampuan dan esensi dasar dan Sumber Daya Manusia sebagai suatu potensi dinamis yang berperan penting dalam mencapai tujuan perusahaan
  • Mampu memahami prinsip belajar mengajar
  • Memahami dan menghayati prinsip-prinsip dasar dan model proses pelatihan
  • Mampu menganalisis kebutuhan pelatihan sekaligus merancang pelatihan
  • Mampu mamahami dan mengaplikasikan berbagai jenis metode pelatihan sehingga mampu mentransfer materi belajar secara efektif
  • Dapat menciptakan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan (fun & enjoyable)
  • Mampu memahami berbagai tipe cara belajar para trainee (yang dilatih) dan “gaya mengajar” para trainer (pelatih/fasilitator), sehingga dapat menerapkannya sesuai dinamika kelompok dan situasi serta kondisi pelatihan
  • Mampu memahami dimensi – dimensi efektifitas sebagai “trainer” dan mengaplikasikan bagi dirinya, mampu menyebarluaskannya pada fasilitator lain
  • Mampu memberikan umpan balik secara efektif

Materi :

  • Pengertian Training, Trainer dan Trainee
  • Unsur-unsur dalam Pelatihan
  • Tujuan Program Pelatihan
  • TNA (Training Need Analysis)
  • Jenis-jenis Pelatihan
  • Metoda dan Teknik Pelatihan
  • Model Proses Pelatihan
  • Langkah-langkah dalam Mengembangkan dan Melakukan Pelatihan
  • Prinsip-prinsip dan Teori Belajar (Learning Theory)
  • Indikasi Kondisi-kondisi yang Membutuhkan Pelatihan
  • Transfer of Training
  • Gaya Belajar
  • Dimensi Efektifitas Fasilitator
  • Training System Cost
  • Evaluasi Pelatihan
  • Teknik Presentasi

Peserta :

  • Individu-individu yang menempati posisi kunci dalam menagani pengembangan SDM di perusahaan
  • Setiap level pimpinan yang bertanggung jawab untuk memberdayakan bawahan