50. WORK LOAD ANALYSIS/WLA (Analisis Beban Kerja/ABK) (14 Jam Efektif)

Banyak perusahaan saat ini yang memberi perhatian khusus pada efisiensi, efektivitas dan produktivitas. Untuk mencapai efektivitas dan efisiensi organisasi dalam berbagai bidang dan sub-bidang diperlukan kuantitas dan kualitas pegawai sesuai dengan yang diperlukan. Pada sisi lain seringkali terjadi saling lempar tanggung jawab dalam pengelolaan pekerjaan di perusahaan. Terdapat beberapa orang yang bekerja di perusahaan merasa terbebani dengan pekerjaannya, sementara yang lain terlihat lebih santai. Kondisi ini memuat lingkungan kerja menjadi tidak kondusif. Bila hal ini dibiarkan akan memberikan dampak demotivasi dalam pekerjaan.

Kondisi di atas terjadi karena metode pembebanan pekerjaan belum dimiliki oleh perusahaan. Andaikan telah dimiliki, namun metodenya seringkali belum tepat, sehingga hasilnya kurang begitu akurat. Metode yang dipakai adalah WLA/ABK yaitu gambaran deskriptif dari beban kerja yang dibutuhkan dalam satu unit organisasi. Metode ini memberikan informasi tentang alokasi sumber daya karyawan untuk menyelesaikan beban kerja. Beban kerja seseorang sudah ditentukan dalam bentuk standar kerja perusahaan menurut jenis pekerjaannya. ABK dilaksanakan adalah untuk memperoleh seberapa besar beban kerja relatif dari seorang pegawai/karyawan, suatu jabatan (pekerjaan), suatu Unit Kerja (Seksi, Bagian, Divisi, Cabang, Wilayah), bahkan suatu organisasi/perusahaan secara keseluruhan.

Tujuan dan Manfaat :

  • Memberikan ketrampilan perhitungan beban kerja masing-masing fungsi atau staff serta melakukan analisis perbaikan dan efisiensi
  • Memberikan kemampuan untuk merencanakan standarisai pekerjaan, menghitung jumlah pekerja optimal dan beban kerja optimal bagi perusahaan.
  • Untuk kebutuhan Man Power Planning dalam meramalkan/proyeksi terhadap kebutuhan SDM untuk periode tertentu maupun yad
  • Melakukan analisa terhadap kemampuan tenaga kerja yang sekarang (Optimalisasi dan efisiensi SDM Perusahaan)
  • Memungkinkan perusahaan untuk melakukan penyesuaian lewat transfer intern atau ekspansi

Materi :

  • Perencanaan Sumber Daya Manusia
  • Analisis Pekerjaan
  • Teknik Pengumpulan Informasi Analisis Pekerjaan
  • Memahami Deskripsi Pekerjaan
  • Memahami Pengertian Spesifikasi Jabatan
  • Memahami Beban Kerja
  • Perhitungan Kebutuhan Tenaga Kerja
  • Memahami Kerangka Pemikiran Beban Kerja
  • Menghitung Jumlah Kebutuhan Pegawai
  • Metoda Sampling untuk Mengamati Waktu Kerja Pegawai
  • Menghitung Waktu Produktif dan Tidak Produktif Pegawai
  • Menyusun Waktu Penyelesaian Tugas
  • Perbandingan Jumlah Kebutuhan Karyawan terhadap Kondisi Aktual
  • Studi Kasus

Peserta :

  • Individu-individu yang secara langsung menangangi bidang-bidang pada Unit Kerja SDM Perusahaan
  • Para Auditor di bidang SDM