8. CAPACITY BUILDING (14 Jam Efektif)

Dewasa ini upaya pengembangan kapasitas merupakan bagian yang penting di dalam berbagai aspek kehidupan. Dalam kehidupan sehari-hari pengembangan kapasitas misalnya dilaksanakan dengan pendidikan, baik secara formal maupun informal. Di dalam perusahaan misalnya melalui pelatihan-pelatihan sumberdaya manusia, pengembangan sistem manajerial. Di dalam pemerintahan pengembangan kapasitas aparatur pemerintahan juga penting untuk meningkatkan performani aparatur dalam menjalankan tugasnya sebagai abdi negara, dan juga regulasi dan deregulasi kebijakan pemerintahan. Dalam konteks pembangunan secara keseluruhan pun upaya pengembangan kapasitas menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Dengan kata lain tidak mungkin terjadi suatu proses pembangunan/pengembangan dalam hal apapapun tanpa upaya pengembangan kapasitas bagi pelaku maupun juga sistem yang mengaturnya.

Dalam upaya mencapai tujuan perusahaan tentu membutuhkan kemampuan suatu sistem, organisasi ataupun perseorangan yang benar-benar baik.

Itulah sebabnya Capacity Building selalu dibutuhkan oleh perusahaan yang memang benar-benar menginginkan perubahan besar dan juga mempercepat dalam mencapai tujuan yang diharapkan.

Dalam Pelatihan Capacity Building ini akan menekankan pada peningkatan kualitas SDM, yaitu yang menitik beratkan pada keterampilan individu dalam peningkatkan performansi diri, agar setiap individu dapat bekerja lebih efektif dan efisien sesuai tugas dan tanggung jawabnya dalam rangka mencapai tujuan perusahaan.

Tujuan dan Manfaat :

  • Meningkatkan keterampilan dalam “menyelesaikan masalah” (problem solving) dan “pengambilan keputusan” (decision making) secara cepat dan tepat didasarkan pada kecakapan dalam mengidentifikasi “key problem”
  • Meningkatkan kemampuan dalam “kememimpinan dan pemberdayaan” (situational leadership & empowerment) yang disesuaikan dengan situasi
  • Menjadi “agen perubahan” (change agent) yang efektif dan efisien di lingkungan unit kerja masing-masing
  • Memiliki kepekaan intrapreneurship/entrepreneurship

Materi :

  • Knowing yourself and others
  • Komunikasi
  • Persepsi
  • Paradigm Shifting
  • Problem Soving & Decision Making
  • Goal Setting
  • Leadership (Situational Leadership & Empowerment)
  • Customer Service Orientation
  • Creativity & Innovation
  • Intra/Entre-preneurship

Peserta :

  • Individu-individu yang secara langsung memimpin Unit Kerja di Perusahaan
  • Setiap individu mempunyai tugas/fungsi memberikan pelayanan kepada fihak eksternal