15. WINNING NEGOTIATION & LOBBYING (14 Jam efektif)
Negosiasi adalah suatu proses dinamis yang melibatkan 2 atau lebih pihak yang saling tergantung untuk merealisasikan tujuannya masing-masing. Menjual atau membeli barang dan jasa, merencanakan proyek, membuat keputusan dan mengatasi konflik adalah contoh tujuan yang perlu disepakati melalui negosiasi dan melobby yang saling menguntungkan (win-win solution).
Para pemimpin, manajer, supervisor maupun staf sangat perlu untuk menguasai keterampilan/teknik negosiasi maupun melobby. Melalui pelatihan “Winning Negotiation & Lobbying”, diharapkan peserta dapat memahami dan memiliki ketrampilan dalam proses negosiasi/melobby, termasuk dalam strategi dan teknik, gaya, prinsip-prinsip penting dalam negosiasi dan melobby sehingga dapat menjadi pemenang dalam bernegosiasi ataupun melobby.
Tujuan dan manfaat :
- Lebih memahami aspek-aspek dan hakekat paradigma dalam berinteraksi dengan pihak lain
- Meningkatkan kemampuan komunikasi efektif untuk memperlancar kegiatan pelaksanaan tugas
- Meningkatkan kemampuan persuasi (mempengaruhi dan membujuk) terhadap pihak lain dalam melakukan lobby
- Meningkatkan kepekaan dalam memahami kondisi internal (inner state) pihak lain sebagai mitra negosiasi/lobby
- Memahami tahapan-tahapan dalam proses negosiasi/lobby
- Mengendalikan proses negosiasi/lobby
- Meningkatkan strategi dan teknik negosiasi & lobby
Materi :
- Pengantar Negosiasi dan Lobby
- Persepsi dan Mind set
- Komunikasi Efektif, Transactional Analysis dan Simak Aktif
- Teknik Persuasi
- Sensitifitas
- Agresif, Asertif, Submisif
- NLP (neuro linguistic program) in general
- Teknik negosiasi & meloby
- Strategi negosiasi & meloby
- Pengendalian proses negosiasi & lobby
- Teknik “pertarungan”
- Self confidence
- Conflict Handling
- Tips-tips Negosiasi & Melobby
Peserta:
- Pimpinan yang sering melakukan negosiasi & lobby dengan Pejabat Pemerintah maupun Vendor.
- Petugas-petugas yang mewakili perusahaan dan berhubungan dengan klien/instansi/ lembaga